by el-maliky
SHOLAT JAMAAH
Sholat jamaah merupakan kata
majemuk dari kata sholat dan kata jamaah,sholat merupakan amaliah yang di awali
dengan takbirotul ihrom dan di akhiri dengan salam. Sedangkan jamaah berarti
bersama atau berkelompok. jadi sholat jamaah adalah sholat yang di lakukan
dengan berkelompok atau bersama sama , sholat jamaah sekurang kurangnya
dilakukan oleh dua orang dengan salah satu menjadi iman dan yang lain menjadi
makmum. Semakin banyak jumlah orang yang berjamaah maka semakin baik pula
keutamaan dari sholat jamaah itu. Nabi saw. bersabda dari sahabat Abi Sa’id
Al-Khudri r.a.
صَلَاةُ
الْحَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِخَمْسٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً
Artinya: “sholat jamaah melebihi sholat sendirian dengan dua
puluh derajat”.
HUKUM SHOLAT BERJAMAAH
وَإِذَاكُنْتَ فِيْهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَوةَ
فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ مَّعَكَ
وَلْيَأْخُذُوْاأَسْلِحَتَهُمْ....................
Artinya: “ Dan apabila kamu berada
di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama
mereka, Maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan
menyandang senjata,…..(Q.S. An-Nisa’: 102)
Ayat di atas terdapat fiil amar yaitu
kataفَلْتَقُمْ (berdirilah),hal itu menunjukkan bahwa sholat berjama’ah wajib
di lakukan untuk sholat jum’at sesuai
dengan kaidah fiqih ألأمر يدل على الواجب, sedangkan sholat fardu yang lain para ulama’ fiqih masih beda pendapat.
Menurut imam Ar Rofi’I hukum
sholat berjamaah bagi laki laki dan perempuan fardu kifayah berdasarkan hadist
yang diriwayatkan oleh bukhori muslim dari ibnu Umar R.A. sedangkan Imam An
Nawawi ber pendapat sholat jamaah adalah sunnah muakkad berdasarkan hadist
riwayat Abu Dawud dan Ibnu Hibban Rosululloh saw. Bersabda :
مَامِنْ ثَلَاثَةٍ فِى أَوْبَدُوٍ لَاتُقَامُ فِيْهِمُ قَرْيَةٍ
الصَّلَاةُ إِلَّاا سْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ فعليكم بالجماعة فإنما
يأكل الذئب من العنم القاسية
Artinya: “Jika terdapat tiga
orang di sebuah desa atau dusun dan tidak di lakukan jamaah maka mereka akan di
kuasai syetan, maka dirikanlah jamaah karena serigala akan memangsa kambing
yang berjalan berjauhan dari kelompoknya(jamaahnya)”
Ibnu Mundzir dan Ibnu Huzaimah
berpendapat sholat jamaah adalah fardu ain sesuai dengan hadist nabi saw. yang di
riwayatkan oleh bukhori muslim tentang keinginan beliau membakar rumah orang orang
yang tidak mau melakukan sholat berjamaah
Bagi laki laki sholat berjamaah
di masjid lebih utama dari pada sholat jamaah di rumah kecuali solat sunnat
maka lebih baik di rumah sedangkan bagi perempuan lebih baik di rumah, namun
mereka di perbolehkan sholat di masjid asalkan menjaga diri dari segala sesuatu
yang bias menimmbulkan fitnah,hal ini di perjelas dengan sabda nabi saw.
لَاتَمْنَعوْا نِسَاءَكُمْ الْمَسَاجِدّ وَبُيُوْتَهُنَّ حَيْرٌلَهُنَّ
Artinya: “janganlah kamu
larang para wanita untuk pergi ke masjid Alloh, walaupun rumah mereka lebih
baik mereka buat beribadah”. (HR. Abu Dawud)
Sholat berjamaah di masjid sangat
d anjurkan, karena memiliki berbagai fadlilah dan keutamaan selain mempererat
persaudaraan juga dapat lebih menyiarkan agama islam.dengan sholat di masjid
doosa dosa bias di ampuni Alloh untuk setiap langkah yang di ayunkan, bias
beriktkaf,sholat tahiyyatul masjid dan lain lain.
SYARAT SYARAT
MENJADI IMAN
Hendaklah Imam adalah:
1.
Orang yang paling fasih
membaca Al-Qur’an
2.
Orang yan paling mengetahui
sunnah nabi saw.
3.
Orang yang paling dulu
hijrah
4.
Umurnya yang lebih tua
Nabi saw.bersabda di riwayatkan oleh Muslim dari Ibnu
Mas’ud r.a.:
بؤم
القوم أقرؤهم لكتاب الله تعالى فإن كان فى الفرأة سوأ فأعلمم بالسنة فإن كان فى
السنة سوأ فأقدمهم هجرة فإن كان فى الهجرة سوأ فأقدمهم سنا
Artinya: “
hendaklah menjadi iman orang yang lebih mengetahui alqur’an, jika hal itu sama
maka orang yang lebih mengetahui sunnah nabi, jika hal itu sama maka orang yang
lebih dulu hijrah, jika hal itu sama maka orang yang lebih tua”
5.
Laki-laki boleh menjadi
imam di rumah orang lain jika di izinkan oleh pemilik rumah
ولايؤمن
الرجل فى سلطانه ولايقعد فى بيته على تكرمته إلابإذ نه (رواه
أحمد ومسلم )
Artinya: “Sesungguhnya janganlah mengimami seorang laki
laki di tempat kekuasaan laki laki lain, dan janganlah seorang laki laki duduk
di rumah laki laki lain kecuali tanpa seizinnya”
Dari hadist di atas bias d pahami bahwa
seorang perempuan tidak boleh menjadi imam padahal di antara mereka ada laki
laki
6.
Perempuan hanya boleh
menjadi imam untuk para perempuan saja,Nabi saw. bersabda:
لايؤمن
امرأة رجلا (رواه أبودوود )
Artinya: “janganlah kaum wanita mengimami orang laki laki
7.
Orang dewasa boleh
mengimami anak anak dan mumayyis, demikian pula sebaliknya, hal ini pernah
terjadi di zaman Rosululloh saw. ketika beliau berumur 6-7 tahun
8.
Banci hanya boleh bermakmum
kepada laki laki tidak kepada perempuan
9.
Orang merdeka boleh menjadi
imam bagi hamba sahaya, dan sebaliknya
10.
Orang yang menjadi makmum
kepada orang lain tidak boleh di jadikan imam
11.
Orang yang sholatnya batal,
tidak boleh di jadikan imam
SYARAT
SYARAT MENJADI MAKMUM
1.
Berniat menjaadi makmum,
sedangkan imam tidak di haruskan berniat menjadi imam
2.
Mengikuti segala gerakan
imam
3.
Makmum mengetahui semua
gerakan imam dalam sholat
4.
Imam dan makmum berada
dalam satu tempat atau tidak ada yang menghalangi
5.
Makmum harus di belakang
imam,atau di samping agak kebelakang ketika hanya berdua (imam dan makmum)
SUSUNAN SHOF(BARISAN SHOLAT)
1.
Jika hanya seorang,makmum
di sebelah kanan belakang sedikit imam, jika ada makmum masbuk maka di sebelah kiri belakang imam,Nabi
saw.bersabda:
صليت حلف النبى صلى الله علي وسلم فقمت عن يمينه ثم جاءجابر بن صخرقام
عن يساره فأخدبأينناجميعا حتى أقامناحلفه
(رواه مسلم
Artinya:
“saya sholat di belakang Rosululloh saw. saya berdiri di sebelah kanan beliau, kemudian
datang Jabir bin sharkh berdiri di sebelah kiri beliau, kemudian beliau
memegang tangan kami berdua sehingga kami berdiri di belakang beliau”
2.
Jika makmum terdiri dari
laki laki dewasa,perempuan dan anak anak maka shof sholat di atur sebagai berikut:
a.
Di belakang imam shof laki
laki dewasa
b.
Di belakang shof laki laki
dewasa shof anak laki laki
c.
Di belakang shof anak laki
laki shof wanita dewasa
d.
Di belakang wanita dewasa
shof anak perempuan
e.
Jika terdapat sela dalam
shof maka hendaklah di isi terlebih dahulu jangan membuat shof yang baru
Semoga apa yang saya sampaikan menjadi amal yang di ridhoi dan di terima di sisiNYA. Amiin